Jenis Bunga Anggrek Yang ada Indonesia Yang Paling Populer

Jenis Bunga Anggrek Yang ada Indonesia Yang Paling Populer

Jenis Bunga Anggrek Yang Paling banyak di minati Orang || Bunga Anggrek merupakan salah satu Tanaman Hias yang sangat populer dan pantinya banyak di cari oleh semua orang.

Seperti Contohnya Anggrek Bulan yang mana Anggrek JEnis ini sangat di sukai oleh para pecinta bunga terutama Kaum Hawa.

Maka Karena Itu Bunga Anggrek  ini sering di jadikan sebagai hadiah Untuk Pasangan dan untuk menunjukan rasa sayang dan sukanya terhadap pasangannya tersebut.

Karena saking bagusnya Bunga Anggrek ini banyak yang ingin membudidayakan Bunga Anggrek akan tetapi untuk membudidayakan Bunga Anggrek ini tidaklah gampang perlu perawatan yang extra Hati hati, agar bunga Anggrek yang kita tanam bisa tumbuh subur dan berbunga bagus.

Dan bagi anda yang ingin tahun cara perawatan Bunga Anggrek agar Bisa Tumbuh dan Berbunga anda bisa membaca nya di sini. di Tips Dan Trik cara merawat dan menanam Bunga Anggrek.

Pengertian Bunga Anggrek

Pengertian Bunga Anggrek

Bunga Anggrek Memiliki Nama Latin Orchidaceae yang merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki Banyak Jenis Terbanyak , dan Habitat Bunga ini tersebar luas di daerah sirkumpolar sampai wilayah tropika basah, tetapi kebanyakan bunga ini hidup di daerah tropika.

Anggrek juga merupakan salah satu Tumbuhan Hias yang hidupnya menempel di batang Tanaman Lain , dan akan tetapi Bunga Anggrek ini bukan merupakan Tumbuhan Parasit, meskipun Bunga Anggrek ini Hidup menempel pada Tumbuhan Lain, Bunga Anggrek ini juga bisa hidup secara mandiri.

Bunga Anggrek ini bisa hidup dari Embun dan Udara yang lembam, Organ Organ Yang tebal dan sekulen membuat Bunga anggrek ini tahan terhadap Tekanan Ketersediaan Air. dan Untuk kebutuhan Air Bunga Anggrek ini dapat memperoleh dari Hujan, Uap Air di Udara, dan Tetesan Air.

Meskipun Bunga Anggrek ini tidak memakan Sari makanan dari Tanaman Inang, Bunga Anggrek ini akan mengganggu keseimbangan Tanaman Inang, hal tersebut disebabkan Karena Akar Bunga Anggrek yang merusak Kulit tanaman Inang.

Jenis Dan Ciri Ciri Bunga Anggrek

Ciri Ciri Bunga Anggrek

Semua Tanaman dan Bunga Pada dasarnya memiliki Jenis dan Ciri Ciri yang tersendiri, sama halnya seperti Bunga Anggrek, dengan mengetahui ciri ciri Tanaman akan lebih memudahkan orang orang dalam membedakan Antara Bunga Anggrek dengan Bunga Lainnya. yang mana Bunga Anggrek ini memiliki ciri Ciri khusus yang berbeda dan pada obrolan kita kali ini saya akan membahas tentang ciri ciri umum Bunga Anggrek yang sering kita ketahui.

Bunga Anggrek memiliki Ciri Ciri Bunga Yang berwarna Cerah dan bentuk yang mirip dengan Serangga.

Bunga Anggrek memiliki Bentuk bunga yang Unik sehingga mampu menarik perhatian serangga penyerbuk seperti Kupu-kupu,  Lebah dll, sehingga dengan ini serangga Penyerbuk tersebut dapat membantu dalam proses penyerbukan Bungan Anggrek.

Dan salah satu contoh bunga Anggrek yang memiliki ciri ciri yang mirip dengan serangga anggrek ngengat (Phalaenopsis). Ciri Khusus pada anggrek Ngengat ini adalah memiliki Kelopak bunga yang lebar, serta bagian atas yang memiliki Bentuk yang mirip dengan Seranga Ngengat. dan jenis Anggrek yang memiliki Kantong dapat menarik Lebah dan Burung untuk mengambil serbuk bunga pada bunga Anggre tersebut.

anggrek ngengat (Phalaenopsis)
anggrek ngengat (Phalaenopsis)

Memiliki Akar Yang Serbaguna

Bentuk Akar yang terapat pada bunga anggrek Telah Berevolusi sehingga dapat melakukan berbagai Fungsi untuk mendukung kelangsungsan Hidupnya yang menempel pada pohon. selain berfungsi untuk menyerap dan menyalurkan Ari di seluruh bagian Tubuh Anggrek ini, akar angger berfungsi sebagai Jangkar agar tetap dapat melekat pada batang tumbuhan Lainnya.

dan Ciri Khusus pada tanaman Epifit ini memiliki Lapisan Velamen yang berongga. Fungsi dari lapisan tersebut adalah untuk memudahkan Tanaman Anggrek dalam menyerap air hujan yang jaduh pada batang pohon atau media tanaman Lainnya. dan hal ini juga bisa di manfaatkan Anggrek untuk menyimpan Air seperti Tanaman Lain.

Akar Bunga Anggrek juga memiliki Ciri Khusus yaitu terdapat Klorofil di dalamnya, lebih tepatnya yang terdapat pada lapisan velamen. dan dengan kandungan Klorofil ini memungkinkan Untuk tanaman Anggrek ini dapat melakukan fotosintesis seperti yang dilakukan daun pada umumnya.

Akar Pada Tanaman Anggrek Epifit ini memiliki beberambut pendek dan bahkan ada yang tidak memiliki nya, dan sedangkan Untuk Anggrek jenis Tanak memiliki Rambut yang cukup panjang dan lebat sehingga dapat lebih banyak menyerap air dan Zat Organik pada tanah secara maksimal.

Manfaat Bunga Anggrek


Tidak hanya sebagai tanaman Hias Bunga Anggrek Ini juga dapat di gunakan sebagai Anggrek Sebagai Simbol dan Aroma Pengharuman, Anggrek Sebagai Tanaman Herbal. yuk kita simak selengkapnya Manfaat Bunga Anggrek di bawah ini.

Anggrek sebagai Tanaman Hias
  • saking Bagusnya Bunga Anggrek ini angrek sering di gunakan sebagai tanaman Hias yang sangat populer dan pasinya di sukai oleh kaum Hawa. karena memiliki berbagai macam warna dan banyak jenis nya.
Anggrek Sebagai Simbol dan Aroma Pengharum
  • Bunga Anggrek merupakan salah satu bunga yang sering di gunakan untuk hadiah pasangan, karena bunga anggrek ini memiliki keidahan warna bentuk dan kemewahan yang di akaui selama berabad Abad sehingga bunga Anggrek ini di jadikan sebagai simbol cinta terhadap pasangan.
  • pada zaman Dahulu bunga bunga juga merupakan simbol kejantanan pria bagi bangsa yunani.
  • Sedangkan Di Tiongkok Bunga Anggrek di di percayai sebagai bunga yang mengeluarkan Wangi yang harum yang keluar dari Tubuh rajanya.
Anggrek Sebagai Obat Herbal
  • Pada zaman Dahulu Anggrek merupakan salah satu Obat Herbal yang sering di gunakan oleh Orang cina sejak tahun 2800 SM. Anggrek Gastrodia elata merupakan Jenis Tanaman Anggrek Genus Gastrodia adalah salah satu dari Tiga Jenis Anggrek yang tercantum dalam materia Medica yang pertama di kenal di cina sebagai jenis anggrek yang digunakan untuk pengobatan(Shennon bencaojing)
Anggrek Sebagai Bahan Makan

  • Vanili atau Dalam bahasa Latinnya Vanilla Planifolia merupakan salah satu keluarga anggrek. yang sering di gunakan sebagai Bahan penyedap Kue dan juga bisa di gunakan sebagai bahan pembuatan Aroma Terapi dan Parfum.
  • Anggrek Orchis mascula yang merupakan jenis Anggrek yang telah di gunakan sebagai Bubuk Untuk Bumbu masak.
  • Selain Dua Jenis Anggrek Tersebut masih ada Anggrek yang bisa di gunakan sebagai Bahan Makan anggrek Saprophytic dari kelompok Gastrodia menghasilkan umbi-umbian. Tanaman ini dikonsumsi sebagai makanan oleh orang pribumi di Australia dan dapat berhasil dibudidayakan, terutama Gastrodia sesamoides.

Jenis Bunga Anggrek

Anggrek Bulan Kalimantan Barat

Anggrek Bulan Kalimantan Barat

Anggrek Bulan Kalimantan Barat Merupakan jenis Bunga Anggrek Yang memiliki warna Putih dengan corak yang berwarna Kuning dan merah. Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Paraphalaenopsis serpentilingua.

Karena bentuk yang lucu dan warna yang indah membuat terpesona Bagi orang yang melihat bunga Anggrek Kalimantan ini. dan Anggrek Bulan Kalimantan ini merupakan salah satu tanaman Yang di lindungi oleh pemerintah.

Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

Anggrek Tebu atau yang memiliki Nama Latin Grammatophyllum speciosum ini merupakan salah satu Bunga Anggrek Terbesar hingga memiliki Berat hingga 1 Ton Dan Ketinggian 3 Meter, Anggrek Tebu memiliki Ciri bunga yang berwarna Kuning berbintik Merah kehitam Hitaman dan juga memiliki keunikan yang mana bunga anggrek Tebu ini tidak mudah Layu meskipun telah di potong dari batangnya. dan bisa bertahan selama 2 Bulan

Anggrek Kantung Kolopaking

Anggrek Kantung Kolopaking

Anggrek Kantung Kolopaking yang memiliki nama Latin Paphinopedilum kolopakingii merupakan salah satu Bunga Anggrek terlangka dan merupakan salah satu tanaman Endemik Kalimantan Tengah yang hidupnya di bebatuan yang berlumut. dan habitan bunga ini berada pada ketinggian 600dpl dan hanya ada di kalimantan Tengah.

Anggrek Kantung Kolopaking memiliki Ciri Ciri seperti warna Daun yang berwarna Hijau Tua dan berbentuk pita dengan ujung bulat dengan panjang sekitar 20 sampai 80 cm.

Anggrek Hitam

Anggrek Hitam

Anggrek Hitam atau yang bernaman Latin Coelogyne pandurata merupakan salah satu Jenis Anggrek yang sering di gunakan sebagai Maskot Kalimantan Timur.  dan Anggrek ini juga bisa tumbuh di daerah yang teduh seperti Pohon Tua, Daerah Rawa, dan daerah yang dekat dengan sungai di Hutan Basah.

Ciri khas Anggrek Hitam bunganya memiliki Lidah yang berwarna Hitam dengan sedikit garis warna Hijau dan berbulu. dalam setiap tanda terdapat 1-14 Kuntum atau Lebih. 

Dan mungkin hanya itu dulu yang dapat saya bagikan tentang Jenis Jenis Bunga Anggrek dan Untuk Jenis Bunga Anggrek Lainya mohon tunggu di Update artikel selanjutnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top