Cara Budidaya Anthurium Yang Baik Dan Benar Agar Cantik

Cara Budidaya Anthurium Yang Baik Dan Benar Agar Cantik

Budidaya Anthurium
Cara Budidaya Anthurium || Anthurium Merupakan Jenis Tanaman Daun Hias, yang tergolong dalam jenis Tanaman Family Araceae, Tanaman ini merupakan Tanaman Bunga Hias yang paling di sukai oleh para pecinta Tanaman Daun Hias seperti Bunga Anthurium.

Bunga Anthurium Merupakan Tanaman Hias yang berasal dari daerah Tropis dan sudah tersebar di berbagai negara, Tanaman ini memiliki warna daun yang begitu indah dan bentuk yang unik dan tulang daun yang besar dan bagus sehingga membuat bunga anthurium Tergolong pada jenis Tanaman Hias Termahal yang harganya sudah mencapai 70 Juta.

Pada dasarnya Bunga ini memiliki Bermacam Macam Jenis namun hanya beberapa Jenis Bunga Anthurium yang terpopuler di kalangan masyarakat, Dan Bunga anthurium ini merupakan jenis Tanaman Hias yang sangat mudah di budidayakan, dan jenis jenis Bunga Anthurium yang populer dan sering di budidayakan adalah jenis anthurium Wafe Of Love, Anthurium Jenmanii, Anthurium Variegata, Anthurium Jenmanii Sawi, Anthurium Hookeri.

Akan Dari Beberapa Jenis Anthurium Terpopuler ini ada beberapa orang yang belum mengetahui Cara Budidaya Anthurium yang benar. dan pada perjumpaan kali ini saya akan membagikan Cara mudah Budidaya Anthurium Yang benar.

Sejarah Tanaman Hias Anthurium.

Anthurium Merupakan Tanaman Daun Hias Yang berasal Dari Dataran Amerika, Yang lebih tepatnya dari daerah Amazon yang merupakan daerah yang memiliki Iklim Tropis dan Indonesia juga merupakan Negara yang beriklim Tropis, sehingga Tanaman Anthurium ini dapat tumbuh subur di indonesia.

Dan Tanaman Hias ini Pada dasar nya memiliki Dayatarik Yang terdapat pada bentuk daun yang unik, warna yang bagus dan berinovasi, sehingga membuat tanaman daun hias ini menjadi incara para pecinta tanaman hias.

Dahulu tanaman Hias anthurium ini di jadikan tanaman hias kerajaan kerajaan jawa, sehingga di kenal tanaman para raja.

Anthur ini pada dasarnya di bagi menjadi dua jenis yaitu anthurium daun dan anthurium bunga, anthurium daun umumnya memiliki daya pikat dari bentuk dan warna daun yang menonjol dan unik. sedangkan anthurium bunga lebih menonjolkon beragam hasil bunga baik dari hibrid maupun sepesies. dan Anthurium bunga ini sering di gunakan sebagai bunga potong. yang sangat bagus dan sangat mahal.

Cara Mudah Budidaya Anthurium Yang Benar.

1. Media Tanam

Tanaman Hias Anthurium pada umumnya tumbuh subur di daerah tropis dan dalam ketinggian dari permukaan laut sekisar 1.400 M, dan membutuhkan Intensitas Sinar Matahari sebesar 30 - 60 %. dan Intensitas Cahaya Matahari yang di berikan secara Langsung pada Tanaman Hias Anthurium ini akan membuat Daun berwarna Menguning. sebaliknya Jika Kekurangan cahaya pertumbuhannya akan menjadi lebat, Budidaya Anthurium dalam sekala besar biasanya menggunakan Paranet sebagai Media Untuk Menaungi. dan pilih lah paranet yang mampu menyerap sinar Matahari sampai 70%.

Daun pada tanaman Anthurium tubuh subur pada Suhu sebesar 18-20 Derajad Celcius pada malam hari dan pada siang hari memerlukan suhu sebesar 27-30 Derajad Celcius.

Meskipun tanaman Daun Hias Anthurium dapat tumbuh subur pada berbagai macam media Tanam, akan tetapi akan lebih baik di gunakan media tanam yang bersifat Porous. Yaitu campura sekam Bakar, sekam Biasa dan pasir. dan ini sangat penting untuk anda perhatikan, karena Media Tanam yang baik akan menghasilkan Hasil yang maksimal.

Memperhatikan serkulasi Udara pada wadah atau Pot Bunga Anthurium yang anda gunakan.

Untuk mengatasi serangan Jamur Anda dapat memberikan Obat Jamur ( Fungsida ), pada Pot dan media tanam yang akan di di gunakan untuk Menanam Tanaman Daun Hias Anthurium. dan anda juga perlu memperhatikan perkembangan Akar Tanaman Daun Anthurium jika Daun Hias Anthurium sudah mulai besar. apa bila Pot yang di gunakan sudah tidak dapat menampung Akar Anthurium ini anda bisa memindahkan Bunga Anthurium pada pot yang lebih besar.

Contoh Campuran Dan Komposisi yang akan di gunakan sebagai Media Tanam.
  • Sekam Bakar dan cacahan Pakis dengan Perbandingan 4:1. Bisa Ditambah pupuk dekastar atau Oskomot atau Pupuk Kandang yang telah difermentasika.
  • Sekam Bakar, andam dan Pupuk kandang dengan Perbandingan 1:1:1.
  • Humus, Pupuk kandang dan pasir dengan Perbandingan 5:5:2
Pemeliharaan dan Perawatan.

Dalam pemeliharaan Tanaman Daun Hias Anthurium meliputi perawatan seperti Penyiraman dan pemberian pupuk pada tanaman Anthurium secara rutin dan penyiraman pada Tanaman Hias Anthurium dapat anda lakukan sehari sekali, dan jangan sampai Air menggenang pada Pot nya. dan Lakukan pemupukan setiap Tiga Bulan Sekali agar kebutuhan Unsur hara yang di perlukan dapat terpenuhi dan anda bisa menggunakan Pupuk Decastar. dan untuk perkembangan Daun anda Bisa memakai Pupuk Daun, Berikan Pupuk Grownmore, yang di campurkan pada air pada saat menyiram.

Daya Tarik yang dapat memikat orang adalah pada Daun nya jadi anda harus memperhatikan dan melakukan perawatan Ekstra terhadap perkembangan dan pertumbuhan Daun Anthurium ini agar terlihat Indah dan Cantik. anda dapat merawat Daun Anthurium agar tetap terlihat bagus dan Hijau mengkilat dengan cara mengelap Daun Anthurium dengan Tisu Basah agar terhindar dari kotoran, dan untuk mengatasi daun yang menguning anda bisa memberikan Tanaman Hias Anturium ini sinar matahari secara langsung.

Memperbanyak Tanaman Hias Anthurium

Untuk memperbanyak tanaman Hias Daun Anthurium anda dapat melakukan dengan Dua Cara yaitu Cara Generatif Dan Cara Vegetatif.

Cara Generatif

Anthurium adalah Jenis tanaman Hias Berumah Satu ( Derdatap Dua Jenis Kelamin dalam Satu Tanaman ). Akan tetapi proses Penyerbukan sangat jarang terjadi karena pada Tanaman Hias Anthurium peroses pembungaan Jantan dan Betina tidak masak dalam waktu yang sama. dan karena itu anda bisa melakukan dengan cara penyerbukan Buatan yang dapat di lakukan secara silang. dan proses ini Justru akan menghasilakan Tanaman Daun Hias Anthurium yang Verietas Baru dan Lebih indah.

Serbuk sari pada Bunga Jantan yang sudah masak pada Anthurium berwarna Kuning dan Mudah Rontok. sedangkan Untuk betina di tandai dengan adanya lendir pada Putik daun. dan biasa nya bunga betina siap di serbuki pada 2-3 Minggu setelah mekar. dan selain itu anda bisa menandai dengan datangnya Serangga pada bunga tersebut. jika kedua bunga tersebut ( Jantan dan betina ) sudah siap untuk melakukan proses penyerbukan Buatan, waktu yang baik untuk proses tersebut biasanya di lakukan setiap jam 7-10 Pagi. Oleskan Serbuk sari yang telah bersih pada cotton Bud dan Oleskan Ke Putik Bunga Yang Lengket.

Dan setelah itu anda bisa menutup Bagian Bunga dengan menggunakan Kantong Selama Dua Bulan. setelah itu lepas Bunga dari pohon dan rendam dalam Aquades selama 10 Menit agar Biji yang menempel dapat terpisah, dan biji yang telah di keringkan telah siap untuk di semai.

Cara Vegetatif

Cara meperbanyak Anthurium Dengan Vegetatif ini merupakan proses perbanyakan yang lebih cepat, dan Tumbuh lebih cepat juga. namun kekurang pada proses ini adalah hasilnya tidak bisa sebanyak yang di hasilakan proses Generatif.

Langkah Langkah Cara Memperbanyak Anthurium secara Vegetatif.
  • 1. Angkat Tanaman
  • Cabut Anthurium dari medianya. berseihkan media yang masih menempel pada akar Anthurium.
  • 2. Potong Bonggol
  • Bonggol Anthurium di potong menjadi Dua Bagia : dan Kedua nya harus mempunya Akar Masing Masing.
  • 3. Oleskan zpt
  • Bekas Potongan olesi dengan ZPT yang bertujan Agar merangsang pertumbuhan.
  • 4. Tanam Kembali
  • Kedua Bagian Potongan yang sudah di olesi ZPT dapat anda tanam Pada Pot yang terpisah, dan media tanam itupun harus Steril dan Porus.
Dan Itulah cara Budiday Anthurium yang dapat saya bagikan kepada anda semua dan bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan Tanaman Hias Anthurium ini anda bisa melakukan cara Mudah Budidaya Anthurium yang saya bagikan ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top